PART I

Hallo, gua Indri. Salah satu mahasiswa yang, yaaa dulu pernah ilang cukup lama di gunung. Kejadian gua pas ilang ini udah lama banget sebenernya,dan gua pengen bikin klarifikasi ini dari dulu tapi suka males-malesan gitu lah.

Ini kejadiannya november 2018 lalu. Jujur gua sama sekali belum pernah ngerasain yang namanya naik gunung. Ceritanya, gua diajak temen gua buat naik salah satu gunung yang ada di daerah tempat gua kuliah ini, dan gak terlalu jauh juga dari kampus gua ni. Tanpa pikir panjang, gua langsung iyain tuh tawaran temen gua ini, karna gua penasaran gimana rasanya naik gunung. Terus temen gua bilang kalo gunung ini gak terlalu tinggi dan bagus buat pemula juga katanya, yaa Cuma 1346 mdpl (Cuma).
Seminggu sebelum gua naik gunung itu, gua sempet cerita sama orang tua gua, dan minta izin juga. Awalnya nyokap gua kaya yang gak boleh gitu kalo gua naik gunung, Cuma gua rayu tuh nyokap gua biar bisa ngebolehin gua berangkat. Akhirnya diizinin juga. Kalo bokap gua dari awal gua cerita juga udah ngizinin, tapi bokap gua nitip buat bisa jaga diri, itu ajasi. Gua kan rencana berangkat tuh hari jum’at ya, nah pas hari rabunya gua belajar fisika, dan gatau kenapa tiba-tiba dosen gua cerita kalo dulu sempet ada orang yang ilang digunung, katanya sih 5 hari 5 malem kalo gak salah. Trus gua kepikiran rencana gua yang mau muncak itu, dan tiba-tiba dalem hati gua bilang, “aduh kalo nanti gua ilang juga pas naik gunung gimana ya”. Langsung aja gua istighfar sambil bilang Naudzubillah. Wkwk
Oiyaa, gua kenalin dulu ya temen-temen gua. Ada gilang, gilang itu orang yang ngajakin gua buat muncak ini, ada melinda, dinda, yesi, fani, ulfa, adit, aryo,  jujun, nazhan, claudio sama aldhan. Semuanya temen satu fakultas gua, kecuali aldhan, dia dari fakultas lain, dan gua sama temen-temen yang lain pun gak kenal sama dia, aldhan ini temen bawaannya si gilang.
Dua hari sebelum naik gunung, gua sama dinda ke tempat rental peralatan naik gunung tuh. Karna tas gak punya, sepatu juga gak punya. Disitu gua sama dinda sempet ditanya sama abang rentalnya, mau muncak kemana. Kita jawab aja ke gunung ********. Abangnya bilang, kalo gunung itu masih ditutup, karna beberapa bulan kebelakang ada kejadian longsor. Gua juga udah tau sih sebenernya, dan abangnya suruh gua bilang ke temen-temen gua buat sementara waktu jangan muncak ke situ dulu. Temen gua ini kekeuh pengen muncak kesitu aja, yauda gua bilang tuh ke abangnya kalo temen gua tetep pengen kesana. Yauda abangnya bilang, terserah deh kalo gtu. Emang iya sih beritanya masih simpang siur katanya, ada yang udah ngebolehin buat muncak dan ada juga yang masih nutup. Abangnya juga nitip kita buat hati-hati karna lagi musim ujan kan.
Tibalah hari jum’at,
Gua, sama 12 orang lainnya, berangkat dari kosan abis ashar, kira-kira jam 4 an lah ya. Sebelumnya tuh kita rencanain buat hari sabtu sore tuh udah sampe lagi ke kosan masing-masing. Perjalanan kurang lebih 3 jam lah sama istirahat, pas waktu solat magrib juga kita sempet istirahat di alfam**t, numpang solat sama makan juga karna ada warteg depan alfam**t itu wkwk Udah beres makan sama solat, kita lanjut perjalanan lagi, dan sampe ke lokasi itu kira-kira isya. Sebelum kita lanjut jalan buat ke atas, dilokasi kita sampe, kita dibekali obrolan dulu sama yang megang tempat itu dan kita juga berdo’a dulu disitu biar perjalanan kita dikasi kelancaran. Nah, udah beres itu, bapak penjaganya itu minta kita ngasih nomor yang gampang dihubungi, takut kalo nanti bakal kejadian apa-apa biar langsung hubungi aja. Gua bilang kan, nomor gua aja gtu yang dikasih ke dia karna kan nomor gua tlkoms*l, jadi gak terlalu susah juga sinyalnya. Pas gua pengen kasihin nmor gua, ada temen gua gatau siapa nanya, dan gua juga gatau dia nanya apa, intinya pas gua pengen kasih nomor bapaknya lagi lengah aja. Yauda gua gak ngmong apa-apa lagi dan si bapaknyapun sama, kelupaan kali yaa. Akhirnya kurang lebih jam 8 an, kita mulai perjalanan. Jalan..Jalan..Jalan....
Dipertengahan jalan, kita sempet diminta buat istirahat dulu, karna salah satu dari kita, yaitu dinda dia kecapean. Tapi, istirahatnya itu jadi kebagi 2 tempat gtu, karna rombongan gua yang duluan lumayan cepet juga jalannya jadi rombongan belakang lumayan ketinggalan makannya minta istirahat juga. Yaudah kan gua sama rombongan gua gatau siapa aja duduk, minum juga. Yang dibawah tuh seinget gua ada Dinda, melinda, aldhan sama gatau siapa lagi. Tapi, belum lama istirahat, tiba-tiba mereka nyusul rombongan gua, dan dinda lari, langsung duduk, nangis tuh dia disitu sambil murung. Awalnya gua Cuma nyangka dia capek dan udah gak kuat, gua sama yang lain tanya kenapa, dia diem aja, nangsnya malah makin kenceng. Gua peluk tuh dinda, gua bagain istighfar sama ayat kursi. Anak-anak yang lain malah diem ajan, dan malah nanya kenapa din kenapa din. Gua tuh gamau kalo dia sampe cerita hal yang dia rasain dibawah sebelumnya. Karna gua ngerasa ini udah ada yang gak bener, gua yakin dia bukan ngerasa capk atau pengen balik. Jujur, disitu gua bentak anak-anak, gua minta bantuin baca ayat kursi, sambil dindanya gua peluk dan telinganya gua tutupin. Nangisnya udah agak reda tuh, dinda malah cerita kalo katanya pas tadi dia istirahat dibawah, dia ngeliat ada sosok cewe berambut panjang dan pake baju putih, ngelambai tangannya ke dinda. Awalnya dinda kira itu Cuma daun ketiup angin, karna emang keliatannya karna cahaya dari senter aja katanya. Nah pas dinda minta aldhan buat snterin ke arah yang tadi, dinda liat sosok itu. Makanya itu dinda langsung lari ke atas nyusul rombongan gua.
Nah, udah dirasa mendingan, kita lanjut lagi perjalanan. Alhamdulilah selama perjalanan ke atas dari tempat tadi gak nemuin hal-hal aneh lagi. Sampa akhirnya, kita nyampe ke kawah itu kurang lebih jam 1 malem. Sampe disana, kita istirahat bentar langsung bikin tenda, abis itu langsung masak air buat bikin kopi, ada juga yang solat isya disitu. Dirasa semuanya udah cukup, kira-kira setengah 3 kita semua tidur. Kita diriin tenda itu 3, buat cowo 2, cewenya 1 karna Cuma ber6 doang. Selama kita gua tidur alhamdulillah si gak ngerasain atau ngedenger hal-hal aneh. Tapi temen gua, gilang, pas kira-kira jam setengah 5, dia denger kaya ada suara langkah kaki. Dia sempet bangunin jujun juga katanya, tapi jujunnya gak bangun. Dengan memberanikan diri, gilang liat keluar tenda, di senterin ternyata dia liat ada penampakan wajah katanya. Ya gua sih gatau ya itu bener apa nggk, dia cerita ke kita semua pas pagi-pagi. Kita bangun jam 5 lah kayanya, langsung solat, ada yang nyiapin kopi sama mie juga. Abis beres makan, kita foto-foto dulu bentar di sekitaran kawah disitu. Nah jam 6 kita otw ke puncak. Berhubung niat kita ke puncak Cuma buat foto-foto doang, jadi carrier sama tenda gak dibawa, tenda juga gak dibuka, karna niatnya kita nanti pulang juga lewat sini juga gitu dan biar gak ribet berat-berat bawa gituan. Kita Cuma bawa tas kecil, dompet sama hp aja. Perjalanan dari kawah ke puncak kurang lenih 2 jam, kita samoe puncak kira-kira jam 8 lah. Dari bawah kita niatnya mau foto-foto, tapi ternyata yang foto-foto Cuma berapa orang doang, sisanya pada tidur, istirahat karna capek.
Udah hampir jam 10 atau 11 gitu (gua lupa), kita balik lagi ke kawah. Nah tapi, disini aldhan minta kita bagi 2 aja baliknya. Aldhan mau kita bagi 2 itu karna ngeliat kondisi dinda yang gak memungkinkan buat jalan cepet, trus juga kan harus banyak istirahat, aldhan bilang kalo kita jalannya bareng bakal lama juga nanti sampenya. Rombongan yang duluan itu, aldhan suruh buat nanti pas nyampe duluan siapin mie sama kopi, biar pas yang belakangan dateng langsung makan gitu. Selang 10 menit dari rombongan pertama, kita juga jalan. Awalnya gua gamau bareng sama rombongan aldhan, tapi karna gua liat di rombongan aldhan ini dinda doang cewenya, jadi gua ngalah deh, gua nemenin dinda dibelakang. Pas kita turun pengen balik itu, belum jauh ari puncak, claudio lupa jalannya harus kemana. Yaudah tuh jujun dengan pede nya bilan, ‘sini gus aja duluan’ wkwk Yauda tuh kan jujun duluan, ehh ternyata lama kelamaan jujun juga lupa sama jalannya. Jujun mnta ke aldhan buat bisa cari jalannya. Aldhan jalan tuh ke bawah, gak lama aldhan langsung teriak kalo jalannya kebawah terus, kita samperin dia ke bawah sampe ketemu.tapi disitu kita udah ngerasa aneh, jalan yang tadi kita laluin buat ke puncak gak ada. Kita disitu bener-bener kebingungan, gua juga pas itu sempet denger ketawanya temen gua, Yesi. Yauda gua reflek langsung teriak nyebut nama yesi sama yang lain juga, kali aja gitu mereka ngedenger, tapi gak ada yang nyaut dan suara ketawanya gak kedengeran lagi.
Nah, disini gua inget omongan dosen gua yang tadi gua bilang, yang katanya ada orang ilang di gunung 5 hari 5 malem itu, gua langsung ngomong dalem hati gua “Yaalloh bener ini ma kita kesasar deh”, tapi gua gak bilang anak-anak yang lain. Tiba-tiba ujan deres banget tuh, mana ada angin juga kenceng, gua udah takut banget, kalo ma pohonnya pada tumbang ketiup angin pegimane yaa, nimpa kita mati kali, gitu. Yauda tuh kita cari tempat yang enak buat neduh gitu. Ada tuh kaya lubang gitu, gua gatau sih itu lubang apaan, tapi kalo kata claudio sih itu sarang babi.
Cuma beberapa orang doang sih yang masuk situ, yang bner-bener ngerasa gak kuat nahan dingin aja. Gua, nazhan sama jujun diluar lubang itu, sisanya di dalem karna lumayan gak terlalu kena sama ujannya. Jujun sama nazhan punya rencana buat naik lagi, dan nyari jalan yang tadi pas kita jalan ke puncak. Tadinya gua juga mau ngikut, Cuma karna dinda minta gua buat tetep disitu, yauda gua biarin jujun sama nazhan buat nyari jalan. Gak lama dari situ, mereka langsung balik lagi, mereka bilang kalo jalan yang tadi kita naik itu gak ketemu. Kira-kira udah jam setengah 1 an lah, dan ujan udah mulai reda juga, kita putusin buat balik lagi ke atas, kita ke puncak lagi, biar pas nanti mau turun gampang liat jalannya gitu. Jalan, jalan, jalannnn. Ternyata tujuan kita, yaitu puncak. GAK KETEMU. Panik dong semuanya, masa iya puncak yang kita tuju kagak ada. Gua kgak tau ini sebenernya kaya gimana ya, entah itu kita yang salah jalan atau emang bener-bener kita disesatin. Dari situ kita jalan terus aja ke bawah, walau disitu kita yakin kalo posisinya kita tuh ngebelakangin posisi awal kita naik.