Part 2

Hallo guys, sorry lama yee

Jadi,
Pas turun dari tempat yang kita kira itu puncak sekitar jam setengah 2 lahh, soalnya sebelumnya jalan yang kita lewatin licin banget jadi lumayan lama.
Kita jalan emang udah bukan dijalur pendakian itu. Gua sempet nggk mau lanjutin sih, tapi karna gua juga bingung harus gimana lagi dan daripada gua diem aja di atas yauda gua lanjutin. Disitu bener-bener gelap padahal masih sore, gelapnya karna banyak pohon sama mendung dan ujan juga. Jalan terusss, sampe akhirnya jalan yang kita lewatin udah bener-bener nggk keliatan, kira-kira udah mendekati maghrib lah itu. Yauda disitu kita putusin buat istirahat. Nggk ada gubuk nggk ada apa-apa, dan duduk pun ditanah sepetak kecil, karna itu lembah. Sempet nangis dan pengen marah disitu, tapi ya gimana lagi, gua gak bisa salahin siapapun disitu.
Dikeadaan dingin, gerimis, duduk ditanah basah, gelap, kita berusaha buat bisa tidur. Dan emang tidurpun bukan tidur selonjoran tapi duduk dan posisi kaki nekuk. Nah, baru beberapa menit duduk, ada sesuatu yang bikin kita kesel juga. Jadi, ceritanya kan gua kan posisi dibawah yaa, sebelah kanan gua itu tebing tinggi banget. Gua nengok ke samping kanan atas gua, dan gua liat ada cahaya kecil gitu, kaya cahaya senter tapi jauuhhh banget gitu. Gua cerita ke temen-temen gua sambil nunjukin, dan mereka juga liat. Kita semua disitu nyangka kalo itu orang yang lagi nyariin kita. Ada salah satu temen gua nyuruh buat gua teriak, maksudnya biar nanti orang itu nyamperin kita. Eh ada tuh yang bilang, katanya jangan teriak dulu, dia nyuruh gua buat senterin dulu pake flash hp dia karna masih ada batrenya. Yauda tuh gua senterin kan, ehhhh ternyata, kunang-kunang depan mata gua. Aduh sumpah kesel banget disitu, gua kira bener yang nyariin kita.
Yauda kita lanjut istirahat. Ya setidur-tidurnya juga ditempat gitu yaa, gak ada nyenyak-nyenyaknya.
Tidurrrr....
Nah, pas bangun sekiranya jam setengah 6, temen gua bilang kalo tadi dia denger adzan subuh. Makannya disitu kita makin optimis aja kalo jalan pulang kita udah deket. Kita sempet ngomong juga gakppa kalo kita gak ketemu temen-temen yang lain, yang penting kita selamet aja. Kira-kira udah jam 6, jalan juga udah mulai keliatan, kita lanjut lagi jalan ke bawah. Nah diperjalanan pas mau ke bawah, gua sempet nelfon papa gua, serius gua boong disitu sama papa gua. Awalnya kan gua bilang sabtu sore udah dikosan lagi, karna kita Cuma rencana semalem doang kan. Tapi kan pas sabtu sore, posisinya gua udah nyasar dan hp gua lowbat. Pas minggu pagi, gua aktifin hp gua tuh, masih ada 11% kalo gak salah tuh. Tiba-tiba ada sms dari papa gua, dia sempet marah ke gua, karna di telfonin sampe jam 11 malem gak aktif dan sms gak di bales. Langsung gua telfon tuh, nada dia pas angkat telfon gua marah. Dia nanya gua kemana aja ditelfonin gabisa, yauda gua jawab kalo gua ngcamp lagi karna pas mau balik ujan gede, gua bilang gabisa balik dan minggu pagi itu lagi dijalan mau balik. Akhirnya papa gua gak marah lagi tuh disitu.
Lanjut jalan. Selama kita jalan ke bawah tuh, kita denger suara motor jelas banget dari bawah, trus ada suara dangdutan juga, makannya kita makin semangat jalan ke bawah. Kita juga sering banget teriak-teriak minta tolong, tapi gak pernah ada yang nyautin atau apa. Gua disitu gak tenang, gua pengen hari itu juga gua udah bisa balik, udah bisa sampe ke kosan. Gua kepikiran besoknya ada kuliah, kepikiran orang tua lah, dan kepiran uang kosan juga karna belum dibayarin udah telat 2 hari
Ehh, udah jam 11 tuh turun ujan lagi, ujan gede banget. Yauda kita istirahat lagi. Gua duduk posisi kaki ditekuk, gua sama temen gua yang cewe kedinginan banget disitu. Sampe gua ketiduran lagi duduk, dan pas gua bangun ternyata gua ada di kubangan air, karna posisi gua duduk di deket kocoran air. Ya bayangin aja, gua dilembah, ujan gede banget, dari atas airnya deres bangett.  Ujannya juga lama banget.
Sekitar jam 1 an lah, kita lanjut jalan lagi. Tapi diperjalanan ada salah satu temen gua cowo, lemes banget dia, udah gak kuat jalan uga katanya dia, sampe minta gendong ke temen cowo yang lain. awalnya si yang ngegendong ini gak mau, soalnya jalannya curam, batunya licin karna lumut terus abis ujan juga, dia taku kepeleset. Dia sempet bilang kalo kepeleset ya yang di gendong juga yang sakit ketiban sama yang ngegendong. Tapi kekeuh dia pengen di gendong, sempet pingsan juga sih katanya bentar, gua gatau karna jalan duluan dan susah buat balik lagi ke atas. Akhirnya di gendong juga dia, emang bener kepeleset, yang gendongnya bukan karna gakuat, tapi karna jalannya licin banget, dan yang digendong ketiban lah sama yang ngegendong. Akhirnya dia jalan sendiri lah, dikuat-kuatin. Karna kalo kita tetep diem aja gak bakaln ketemu-ketemu jalan baliknya.
Jalan udah lama dan jauh banget, tapi jalan tetep gak ketemu. Tangan udah bedarahan kena duri, kaki bedarahan juga karna digigit pacet, badan sakit semua gara-gara jatoh terus kepeleset dibatu, udah gak dirasa, yang penting kita nyampe aja. Sampe akhirnya udah kurang lebih jam 5 sore, jalan masih belum ketemu, ujan turun lagi, dan kita juga istirahat semuanya. Gua udah gak kuat banget disitu, kalo gua lanjut jalan nggak akan bener, karna gua gak kuat nahan dingin.
Istirahat baru beberapa menit, 2 temen gua ini inisiatif buat cari jalan ke bawah, mereka bilang biar nggak ngerasa dingin banget juga, soalnya kalo diem aja baklaan ngerasa dingin banget, setidaknya kan kalo jalan mungkin bisa keringetan. Yauda mereka berdua jalan, gua sama teme gua ber 4 diatas nggak ikut. Sampe sekitar jam setengah 6an, udah gelap lagi, dan ujan nggak berneti-berenti, kita putusin buat istirahat lagi, tidur lagi disitu, karna nggak memungkinkan kalo kita lanjut jalan ke bawah. Tapi kita ber 4 sempet kebingungan, temen kita yang berdua ke bawah nggak ada balik lagi. Tapi kita positif thinking aja nggak ada apa-apa dan yakin pagi ketemu lagi. Takut ma pasti la yah, gua sempet nangis juga disitu. Udah tu kita posisinya lahi nyasar, pisah sama rombongan yang duluan, disini kepisah lagi.
Yauda kita istirahat ber 4 diatas, pas malem itu ujan lagi, jadi kita istirahat di bawah air ujan. Gua sempet kepikiran temen gua yang duluan gimana, dan ternyata katanya mereka pas ke bawah itu nemu gubuk di lahan perkebunan warga. Mereka mau ngasih tau kita yang ber 4 di atas, tapi udah gelap banget, gak mungkin mereka bisa ke atas. Yauda mereka juga putusin buat istirahat di gubuk itu, padahal posisinya gak jauh dari tempat gua istirahat, kurang lebih 200 meter laa. Tapi karna jalannya susah.
Malem itu, gua tidur sambil nangis, gua disitu mimpi ceritanya gua dijemput sama temen kelas gua, terus dijemput juga sama temen-temen dari rombongan yang duluan. Pas gua kebangun, gua sadar ternyata gua mimpi.
Udah pagi lagi nii ceritanya, sekitar jam setengah 6, gua bangun, udah mulai terang juga. Temen gua yang 3 belum bangun juga, ua bangunin mereka malah bilang 5 menit lagi. Sempet kesel banget gua disitu, gua gak mau lama-lama karna gua udah pengen balik. Itu posisinya udah senin pagi ya. Nah pas gua bangun itu, gua dengr temen gua yang dibawah triak minta tolong, gua seneng tuh mereka ada. Gua panggil mereka yang dibawah, tapi nggak ada yang nyaut satupun. Akhirnya gua sama yang lain lanjut jalan ke bawah, dan nggak jauh dari tempat gua istirahat, temen gua yang duluan ini manggil dan dia bilang kalo dia udah nemu gubuk. Seneng, bersyukur gua disitu, gua ngerasa kalo jalan gua buat balik udah dikit lagi.
Sampe lah gua di gubuk itu. Ternyata semalemnya temen gua yang 2 ini nyalain api, karna masih ada bara api pas mereka sampe situ, dan pas kita yang ber4 nyampe pun kita nyalain api buat ngangetin badan. Sempet masak air juga, ada teko yang biasa buat masak air disitu sam airnya ada air ujan diember. Kita nyampe ke gubuk itu sekitaran jam setengah 7. Sampe ke gubuk itu juga kita istirahat lagi, ngangetin badan. Pas gua lagi tiduran, kan temen gua ada yang jalan buat liat-liat jalan pulang sampe nungguin kita istirahat. Pas gua lagi tiduran, tiba-tiba temen gua manggil gua, dia bilang kalo mereka ketemu orang. Gua langsung bangun tuh, langsung nyamperin juga. Ternyata ada 2 orang, inu sama bapaknya mau ke kebun. Mereka juga sempet kaget sih liat kita. Gua disamperin juga sama ibunya, gua nangis yang bener-bener nangis disitu, gua seneng banget akhirnya gua ketemu sama orang,karna awalnya kita udah pasrah banget.
Disitu kan gubuknya ada 2, yang 1 nya itu punya si ibu yang nemuin kita. Yauda kita diajak ke gubuk si ibu ini. Disitu gua dikasih makan, gua dikasih nasi. Ibunya bawa bekel nasi di 2wadah kecil, dan dikasih ke kita semua, ber 6. Kita makan, ya walaupun Cuma sama garem doang sih, tapi masyaallah enaknyaaaaaa. Ya gimana gak ngerasa enak ya, bayangin aja nggak makan selama 3 hari 2 malem. Dan banyak juga yang nanya ke gua, “makan apa dong selama nyasar disana?”. Jujur, gua sam temen-temen gua nggak makan apa-apa. Gua bingung, gua gatau apa yang bisa dimakan. Namanya juga dilemabbah, bukan jalur pendakian, nggak ada apa-apa. Gua selama nyasar disana, Cuma minum air dari sela-sela batu, tau kan air dari sela-sela batu jernih airnya. Kita gak peduli itu air apalah yang penting kita ada masukan aja ke perut.
Kita juga bukan Cuma dikasih makan nasi, kita dibikinin kopi juga sama ibunya, masyaallah banget dah pokonya, dan temen-temen gua yang cowo juga dikasih rokok sama bapaknya. Gua disitu cerita banyak ke ibunya, ibunya langsung nelfon ke anaknya, dia bilang ketemu sama kita dan ibunya nyuruh anaknya sediain kendaraan buat ambil motor kita di lokasi kita awal naik. Gua juga sempet pinjem hp ibunya buat nelfon temen-temen rombongan yang duluan. Pas mereka angkat telfonnya bukan ngomong malah nangis, ya gua juga nangis sihh hehe Gua juga nelfon papa gua, tadinya gua mau boong lagi, eh ternyata papa gua juga udah tau. Ceritanya dia nelfonin gua katanya pas minggu malem sampe senin pagi, dia udah punya firasat buruk, yauda dia langsung berangkat dari bandung ke kosan gua. Pas gua nelfon dia, dia udah dijalan, dia bilang mau kesini, gua juga sempet larang, gua bilang gua gakpapa, eh dia jawab “papa udah tau ko semuanya, dari kampus juga udah ada yang nelfon ngabari”. Waduu takut banget disitu, nada bicaranya papa gua udah kaya marah gitu, yauda gua bilang aja gua udah selamet, ketemu orang juga. Gak lama dari situ, sekitar jam 8 an, ibunya ngajak kita buat balik, karna dirasa istirahat juga udah cukup. Gua sempet nanya, berapa lama perjalanan dari kebun itu sampe ke rumah dia, dan dia bilang 2 jam. Gila itu emang jauh banget. Yauda tuh kita jalan, temen-temen gua juga yang tadinya keliatan lemes banget, alhamdulillah udah agak mendingan.  Kita balik ke bawah juga dianterin sama bapak sama ibunya juga, walaupun merekanya juga baru nyampe banget ke kebunnya.
Udah kurang lenih stengah perjalanan, ada yang teriak dari bawah, gua kira tuh anak si ibu itu yang nyusulin kita ke atas, ya gua saut-sautin kan. Ternyata bukan anak ibunya, itu senior gua. Gua sama temen-temen gua kaget sih, ko bisa-bisanya dia tau gitu lho kalo kita kesasar. Gua nanya, ko dia bisa sampe tau gua kesasar, dia jawab katanya kita udah booming banget dimana-mana. Gua bingung, lah ko booming, gua ngerasa malah kaya nggak ada yang nyariin, ternyata senior-senior gua udah pada nyariin dari minggu malem. Istirahat, duduk sama dia sambil sedikit cerita juga kronologinya gimana, eh ada yang nyusul lagi, ternyata dari anggota tagana, makin banyak tuuh orang-orang yang nyamperin. Senior gua juga ada lagi yang ikut nyusulin ke atas. Gua nanya gua booming dimana, gua kira Cuma sebatasa booming difakultas atau di univ aja, ternyata dia bilang sampe ke uin bandung, lah kaget dong gua. Mau nanya-nanya juga dia bilang katanya nanti aja ceritanya dibawah. Yaudah gua lanjut jalan, temen gua yang cewe ini dia makin lemes keadaannya, akhirnya dia digendong sama dari tagana, gentian juga yang gendongnya ini sama senior gua. Alhamdulillah gua nggak sempet di gendong, gua kuat jalan sampe bawah.
Akhirnya sampe nih ke bawah, ke rumah warga. Gua masih biasa aja tuh pas jalan dari atas, pas sampe gua tiba-tiba lemes banget, gua gak bisa ngomong apa, gua sumpah kaget ngeliat orang banyak banget di bawah. Yang gua takutin bukan karna banyak warga yang ngumpul, tapi karna ada polisi sama basarnas. Gua takut diomelin lah, apalah, pokonya udah campur aduk banget pikiran gua. Akhirnya susurh duduk tuh gua, dikasih minum sama makan roti juga. Bukan Cuma warga, polisis sama basarnas aja disitu, ternyata ada wartawan juga, dan banyak juga teme-temen sama senior-senior juga yang emnag bantu cariin gua.
Yaa abis itu, nggak lama istirahat di salah satu rumah warga, gua langsung dibawa ke puskesmas, sama semua temen-temen gua juga. Sempet di infus. Dipuskesmas juga gua sempet pinjem chargeran ke suster buat aktifin hp, buat ngabarin orang tua gua. Gua nelfon mama gua tuh, mama gua nanya gua dimana, gua jawabnya dipuskesmas lagi ngater temen gua. Dia gak tau kalo gua abis nyasar di gunung, papa gua pun yang tau duluan nggak ngabarin, dia nggak mau mama gua kaget. Yaa mama gua juga selow aja, dia benr-benr nyangka gua ngater temen gua, padahal gua sendiri yang sakit. Nah gua buka whatsapp, ig sama line, penuh semua, notifnya banyak banget. Pas gua buka, gua kaget mereka pada nanyain keadaan gua, lahh gua bingung kok mereka bisa tau. Ternyata emang udah kesebar info kalo gua ilang digunung.
...
Udahhhh...
Inilahh cerita gua ya guys, sorry ya kalo bahasanya gak sopan atau apa. Sorry juga kalo tulisannya banyak typo nya. Oiya, alhamdulillah selama nyasar gua nggak nemuin hal-hal mistis ko.
Thxkyuuu, semoga suka sama cerita gua:)